Step by Step Collaboration Music Videos

Apa itu Collaboration Music Videos ?

Ada yang pernah mendengar? atau mungkin sudah ada yang pernah membuatnya? 
Belakangan ini saat pandemi berlangsung, di Youtube banyak sekali bermunculan kolaborasi music video #darirumahaja

Disaat Pandemi seperti ini, content seperti ini sangat lah tepat sekali untuk dibuat, tentu saja dikarenakan dengan cara produksinya yang bisa dilakukan di rumah atau tempat masing-masing. Belum lagi dengan cara kolaborasi ini content tersebut terasa lebih luas jangkauannya. Berikut adalah salah satu Kolaborasi Video Music yang kemarin sempat kami buat dengan tujuan memberikan dukungan selamat untuk para Garda Terdepan dan orang orang yang masih harus terpaksa beraktivitas ditengah pandemi ini. 

Bagaimana tahapan membuatnya?

Kami akan mengurai beberapa tahap dasar untuk pembuatan kolaborasi video music tersebut sesuai dengan pengalaman kami yang terbatas ini. 

PLAN - BRIEF

Visi dan Misi

Tentukan dahulu visi dan misi project tersebut dibuat. Minimalnya, apa tujuan dan pesan apa yang ingin disampaikan video tersebut dibuat. Dikarenakan project tersebut berlandaskan kolaborasi, berarti berkaitan dengan orang banyak, maka harus benar benar clear dahulu tujuan dan akan dibawa kemana video tersebut. 

  • Misalkan, video tersebut akan hanya sebagai content public awareness atau akan diselipkan campaign lain didalamnya misal donasi. 
  • Teknis Unggah, Apakah akan diunggah secara bersama sama dengan waktu yg ditentukan, atau hanya di unggah di 1 akun official. 

Tentukan konsep dasar project tersebut, dan akan seperti apa hasil akhirnya. 

  • Tentukan lagu yang akan di cover, sesuaikan lagu dengan trend dan pesan yang akan disampaikan. 
  • Tentukan faktor teknis pengumpulan dan pembuatan.

Tentukan Tim dan Participant yang akan ikut berkolaborasi.

Tim dan participant yang ikut berkolaborasi harus sudah mulai direncanakan dan ditentukan sejak awal. Siapa yang akan membuat aransemen dasar untuk nanti disebar, siapa editor video, siapa yang bertugas mengumpulkan footage, dan lain lain.

Tips :

Jangan lupa dibuat daftar list participant agar dapat terkontrol progress dan daftar nama participant. 

SS Manusia Kuat 6

Saat menentukan participant, carilah seluas luasnya jangkauan dan keragaman particpant participant, dapat dilihat dari jenis pekerjaan, tempat tinggal daerah dan lain-lain. 

Tentukan minimalnya 5 orang yang benar-benar dapat bernyanyi, ini untuk menjadi vocal utama dan dasar, minimalnya de

ngan tempo yang benar. 

 

PREPARE PRODUCTION

Buat Aransemen Dasar

Buat dahulu aransemen dasar yang dapat menjadi patokan untuk lagu yang akan dinyanyikan. Aransemen ini diseusaikan dengan konsep awal, soal mood, nada dasar yang dipakai kemudian diisi dengan instrumen yang memperkuat nyawa si musik itu sendiri. 

Buat Aransemen + vocal sebagai Guide Line

Aransemen yang diikuti dengan vokal ini sebagai patokan untuk para participant lainnya. karena tidak semua participant ini mengerti betul tentang musik , tempo dan tehnik bernyanyi seperti apa. 

Buat contoh video yang harus dikumpulkan seperti apa. 

Contoh video ini sebagai patokan para participant agar tahu harus membuat dan mengumpulkan nya seperti apa. Tentukan format video, seperti orientation (landscape/ potrait), format(mp.4,mkv,mov), dan lainnya. 

Siapkan broadcast message yang akan disebar keseluruh participant. 

Broadcast message biasanya berisi :

  • Kriteria video yang dikumpulkan, seluruh participant bernyanyi dari awal sampai akhir.
  • Aransemen dasar (.mp3)
  • Aransemen + vocal (mp.3)
  • Lirik lagu sesuai dengan yang dinyanyikan
  • Contoh video yang akan dikumpulkan. (.mp4)

note : Jangan lupa untuk update progress pada list yang sudah dibuat sebelumnya. 

EDITING

Sync semua asset baik video dari participant dan aransemen dasar.

Setelah materi video terkumpul, sync semua asset video dan aransemen dasar. (tumpuk layer semua video), misalkan ada 30 orang bernyanyi, berarti ada 30 asset video dan 1 asset audio aransemen. berarti akan ada 30 layer video yang bertumpuk keatas. 

Rough Cut Kasar 

Setelah sinkron antara seluruh asset video dan audio nya, mulailah potong part by partnya, tentukan siapa bernyanyi dibagian lirik mana saja sampai dengan dibagian mana saja akan bernyanyi bersama-sama

Render terpisah 

Render terpisah Layer by Layer setiap suara participant yang telah dipotong pada rough cut tadi

Masuk ke Sound Editor  

Setiap file vocal yang sudah terpisah dan terpotong potong diperhalus, diperbaiki Toning, Mixing, Balancing dan ditambah lagi dengan instrumen instrumen lainnya untuk memperkaya musiknya sampai akhirnya menjadi satu file audio yang siap disatukan dengan video.

Sync Audio dan Video 

Satukan Audio yang sudah diperhalus tadi dengan video yang siap menyesuaikan dengan suara sesuai bagian vocal bernyanyi participant. 

Render menjadi 1 File 

Semoga berhasil !