INTERNET : Makanan pokok dalam kehidupan sosial

#InternectFact

Dewasa ini, penggunaan internet menjadi hal yang lumrah dalam kehidupan sehari-hari, bahkan dapat dinobatkan menjadi kebutuhan utama dalam berkehidupan sosial. Segala jenis kebutuhan dari pembayaran, jual-beli, hingga kebutuhan hiburan telah tersedia dalam berbagai platform yang dapat dengan mudah kita akses melalui jejaring internet.

Begitupun yang terjadi di Indonesia. Tidak heran jika negara kepulauan dengan total populasi mencapai 272,1 juta jiwa ini memiliki minat atas penggunaan internet yang tidak sedikit. Dibuktikan dengan sampainya Indonesia pada urutan ke-5 dalam 10 negara dengan pengguna internet terbesar di dunia. Menurut data Statista per-Maret 2019, Indonesia memiliki jumlah pengguna sebanyak 143,26 juta. Angka tersebut memiliki selisih tipis sebesar 5,8 juta dengan Brasil yang memiliki pengguna internet sebanyak 149,06 juta.

Hingga awal 2020, terdapat 175,4 juta pengguna internet di Indonesia. Dibandingkan tahun sebelumnya, ada kenaikan 17% atau 25 juta pengguna internet di negeri ini.

pengguna internet di Indonesia
pengguna internet di Indonesia

Betul, termasuk kamu yang membaca info ini.

Berdasarkan total populasi Indonesia yang berjumlah 272,1 juta jiwa. Maka itu artinya  64% setengah penduduk Indonesia telah merasakan akses ke dunia maya.

Sudah dipastikan salah satunya adalah kamu!

Di masa pandemi ini, rasanya berselancar di dunia maya menjadi salah satu jalan pintas membunuh kejenuhan. Gadget menjadi sangat bersahabat dengan kedua tangan. Alih-alih menonton TV, umumnya masyarakat tingkat pemuda-pemudi lebih sering menggunakan gadgetnya ketimbang duduk manis di depan TV.

Bahkan dilansir dari laman Databoks, penduduk Indonesia yang usianya bekisar pada 16 hingga 64 tahun rata-rata aktif berselancar di internet dalam hitungan seharinya mencapai 7 jam 59 menit. Hampir 8 jam!

Keadaan kita yang saat ini sedang #stayathome atau #dirumahaja menjadi salah satu faktor munculnya angka 8 jam tersebut.

Mayoritas penduduk Indonesia menggunakan ponsel genggam atau gadget dalam aktifitas internetnya, yaitu sebanyak 171 juta atau 98% dari pengguna internet Indonesia.

Lalu, Media Sosial (medsos) berada pada urutan kedua alasan seringnya internet di akses. Iya, semua orang kini butuh berkomunikasi meski sebatas ruang maya. Tanpa cela, tanpa jeda, tanpa tatapan nyata. Tapi sungguh membayar rindu sapa. (Setidaknya untuk keadaan saat ini).

Stay healthy everyone! Yakin, bahwa akan segera hadir manisnya kebaikan setelah segala hal yang pahit.